PUPUK D.I.GROW

Senin, 26 September 2016

BIAR TAHU NIH SISTEM FULL DAY SCHOOL DI JEPANG

Jepang merupakan salah satu negara maju yang menerapkan full day school. Baru-baru ini juga Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mujahir Effendy, ikut menggagas konsep full day school di Indonesia. Banyak pro dan kontra yang terjadi dengan gagasan tersebut. Lalu seperti apakah full day school di negara maju seperti Jepang?


Sistem Pendidikan
Sistem pendidikan di Jepang mirip dengan Indonesia, dikelompokkan dari Sekolah Dasar (SD), dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang disebut sebagai Compulsory Education, yaitu para siswa tidak dibebani oleh ujian kenaikan kelas. Sedangkan untuk Sekolah Menengah Atas (SMA), dikelompokkan sebagai Educational Board, dimana setiap siswa yang sudah lulus SMP diharuskan mengikuti ujian tes masuk ke SMA yang dipilihnya.





Waktu Sekolah
Setiap kelas biasanya memiliki rata-rata 40-45 siswa. Para siswa di Jepang sendiri menghabiskan 240 hari setahun disekolah, yang juga diisi oleh kegiatan untuk festival tahunan sekolah dan acara-acara seperti Hari Kebudayaan, Hari Olahraga, dan wisata sekolah. Tentunya mereka menghabiskan lebih banyak waktu di kelas. Selain itu siswa di Jepang juga turut menghadiri sekolah pada hari Sabtu.
Waktu masuk sekolah di Jepang sendiri adalah jam 8.30 pagi, hingga waktu makan siang yang diberi waktu 50 menit. Setelah itu mereka melanjutkan kelas hingga 5-6 jam. Bahkan kebanyakan siswa Jepang dalam kegiatan nyatanya adalah mengikuti kegiatan sekolah di enam periode pelajaran, lalu mengikuti kegiatan ekstrakulikuler selama 3 jam atau lebih, menghabiskan waktu 2 jam untuk pulang, akhirnya tidur pada waktu 11 atau 12 malam ‘jika beruntung’.

Pelajaran Sekolah
Siswa Sekolah Dasar biasanya belajar Bahasa Jepang, pelajaran lingkungan hidup, musik, menggambar dan kerajinan tangan, ilmu sains, ilmu sosial, aritmatika, homemaking, dan pendidikan jasmani. Siswa SMP belajar bahasa Jepang, ilmu sosial, matematika, ilmu sains, musik, kesehatan, pendidikan jasmani, seni industri, homemaking, dan bahasa asing. Sedangkan untuk SMA, biasanya mereka lebih kepada sistem penjurusan karena akan masuk ke universitas. Selain itu Dewan Pendidikan Osaka pun juga menyediakan kelas tambahan bagi siswa yang kurang memahami bahasa Jepang


Ujian dan Kartu Laporan
Pada SMA terdapat 5 tes berkala dalam satu tahun, dan dilakukan dalam waktu 3-5 hari. Namun ada beberapa sekolah yang memberikan ujian dan memperbolehkan siswanya membawa pulang ujian tersebut atau ujian evaluasi. Sedangkan kartu laporan (tsuuchihyou) merupakan kendali siswa dalam kehadiran, absensi dan lain-lain.








Ekstrakulikuler
Kegiatan ekskul di sekolah biasanya terdiri dari ekskul olahraga dan ekskul kebudayaan, dan kegiatan ekstrakulikuler ini biasa disebut “Houkago”. Kegiatan ekskul sendiri berlangsung setiap hari setelah sekolah. Bahkan kegiatan ekskul juga dilakukan saat liburan sekolah. Bahkan biasanya kegiatan ekskul ini berlangsung 6 atau 7 hari per minggu, 3 jam pada hari sekolah, dan 4-6 jam pada akhir pekan. Selain itu ekskul olahraga juga melakukan kegiatan selama 8 jam saat musim panas





.
Kebiasaan Siswa saat Jam Pulang di Jepang
Siswa-siswi di Jepang selalu bergotong royong menjaga kebersihan kelas. Biasanya setiap jam pulang seluruh siswa bergotong royong menyapu, mengelap kaca, mengepel lantai, dan mengatur meja serta kursi hingga rapi.
Menjadi siswa di Jepang memang sangatlah menantang dan sibuk. Tapi siapa sangka hal ini pun menjadi ciri khas orang Jepang yang terkenal dengan kedisiplinannya dan tepat waktu. Meskipun di Indonesia sendiri masih terjadi pro dan kontra, namun ada baiknya kita melihat dulu hasil yang didapat dari full day school di Jepang salah satu negara maju di dunia. Tenang saja… kalian masih bisa hangout dengan teman-teman kalian kok, dan semoga saja sistem pendidikan Indonesia juga semakin membaik seperti negara maju lainnya.

Seperti diketahui apabila Mendikbud Muhadjir Effendy belum lama ini memberikan statment dengan akan diadakannya sistem terbaru untuk sekolah, yaitu sekolah seharian penuh atau ‘Full day school’, dari pengakuan sang menteri apabila alasan kenapa harus diadakan sekolah selama 12 jam penuh ini di karenakan yang tidak belajar penuh selalu ditinggal oleh orang tua dan ia berharap anak akan pulang sore bersama orang tuanya.
Sistem pendidikan Full Day School ini pun diharapkan bisa mengurangi kegiatan siswa yang tidak bermanfaat semisdal tawuran, bermain, dan lainnya. Walaupun sampai sekarang ini sistem terbaru tersebut masih sekedar wacana, banyak netizen yang langsung memprotes usulan menteri baru ini dengan membuat petisi online di laman Change.org.

Namun, tahukah Anda jika ternyata ada tujuh negara yang sudah lama menerapkan sistem pendidikan belajar penuh ini, termasuk negara maju Amerika Setikat. Inilah penjelasannya :
1. Singapura
Untuk tingkat SD siswa bersekolah mulai jam 07.30 sampai 13.00, untuk tingkat SMP dan SMA berangkat mulai jam 07.30 sampai jam 16.00, malah ada yang pulang sampai jam 18.00 apabila ada ekstrakulikuler.
2. Korea Selatan
Korea Selatan menerapkan jam berangkat sekolah mulai jam 08.00 sampai 13.00 untuk SD, untuk SMP jam 08.00 – 16.30 dan untuk SMA pulang bisa sampai jam 21.00.
3. China
Anak SD berangkat sekolah mulai jam  06.30 sampai 15.00, tingkat SMP mulai jam 06.30 sampai jam 17.00 dan SMA 06.30 sampai jam 22.00.
4. Jepang
Jepang memang telah menerapkan sistem ini sampai sekarang, dimana anak sekolah akan pulang sore hari seperti untuk tingkat SD pulang jam 13.00, SMP pulang jam 15.30 dan SMA pulang jam 19.00.
5. Inggris
Untuk anak SD sekolah jam 09.00 sampai 15.00, untuk sekolah usia 9-13 tahun belajar 08.40 sampai 15.30 dan usia 13-16 akan belajar sampai jam 15.15.
6. Amerika Serikat
Untuk anak SD mulai jam 08.40 sampai 15.15, SMP mulai jam 07.50 sampai 14.50 dan SMA mulai masuk jam 08.15 sampai jam 15.15.

7. Taiwan
Untuk anak SD muali sekolah jam 08.00 sampai 15.30, SMP pulang jam 17.00 dan untuk SMA pulang sekolah jam 19.50.

sumber : anibee berita
Foto: Google image, akibanation

Tidak ada komentar:

Posting Komentar