PUPUK D.I.GROW

Senin, 22 Agustus 2016


Banyak cara untuk mendapatkan pakan alternatif di sekitar kita. Salah satunya menggunakan kotoran ternak ayam potong atau petelur. Selain itu, pakan sentrat ayam dari atas kandang banyak yang berjatuhan, bercampur dengan kotoran ayam dan terkadang sudah ada belatungnya, ditambah lagi dengan sentrat yang tentunya mengandung nutrisi untuk pertumbuhan. 

Kalau dihitung secara cermat, dengan biaya Rp.3000 mendapatkan kotoran ayam sekitar 30kg, berarti biaya per kg hanya Rp.100. Meskipun beberapa sumber menyebutkan bahwa penggunaan pakan alternatif dari kotoran hewan membutuhkan 1,5 – 2 kali lipat dibandingkan pelet, maka jika 2 kali lipat berarti biaya menjadi Rp.200/kg.Ditambah biaya fermentasi sekitar Rp.350 per kg kotoran. Jumlah Total = Rp. Rp.550/kg Sangat murah bukan ?

Fungsi fermentor dalam fermentasi ini selain sebagai pengurai, juga dapat menghilangkan bau menyengat pada kotoran ayam potong.

Langkah-langkahnya sebagai berikut :
  1. Masukkan kotoran ayam ke dalam bak/timba sebanyak 10kg
  2. Campurkan fermentor sebanyak 100 ml dengan air sebanyak 5 liter.
  3. Siramkan pada kotoran ayam hingga merata dan lembab agak basah.
  4. Jika pada awal memang sudah ada belatungnya, wadah tidak perlu ditutup rapat, cukup dibiarkan saja hingga 5 hari.
  5. Jika belum ada belatung, wadah ditutup rapat hingga 5 hari baru kemudian dibuka agar lalat bertelur dan muncullah maggot atau belatung.
  6. Pakan Fermentasi kotoran ayam siap diberikan ke ikan nila. 
Untuk membuktikannya, saya coba pakan fermentasi kotoran ayam ini untuk ikan nila yang sudah berumur 1 bulan sejak ditebar, dengan memberikan di pinggir kolam bagian dalam, agar kelihatan jelas apakah nila mau memakannya ataukah tidak. Dan ternyata alhasil nila saya lahap berebut pakan fermentasi kotoran ayam ini. Namun ada kendala dalam penggunaan pakan fermentasi kotoran ayam ini, beberapa kawan yang telah mencoba mengeluh air kolam yang berbau setelah penggunaan 1 minggu. Cara mengatasinya yaitu dengan mengalirkan air sebanyak 25% – 50% dari debit air kolam, sehingga air lama keluar berganti air baru.

Untuk fermentor bisa menggunakan Em4 atau produk fermentor kami. Silahkan memesan melalui kontak kami.

sebagian bersumber: Mahakam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar